Direktori Indonesia - Indonesian free listing directory, SEO friendly free link directory, a comprehensive directory of Indonesian website. Active Search Results SEPUTAR PERTANIAN: Komoditas Unggulan Kabupaten Sumedang
Seputar Pertanian, Bersama Mendukung Pembangunan Pertanian

Jumat, 22 Oktober 2010

Komoditas Unggulan Kabupaten Sumedang

Dalam menghadapi diberlakukannya era pasar bebas pada tahun 2010, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Sumedang mulai melakukan berbagai persiapan. Langkah yang paling strategis, yakni melakukan registrasi terhadap empat jenis tanaman hortikultura unggulan khas Sumedang agar memiliki hak paten. Hal itu diungkapkan H.Karnadi SP,MM Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang.

Adapun empat jenis buah-buahan khas Sumedang  yang diregistrasi, menurut H.Karnadi, yakni sawo ST berasal dari Kecamatan Situraja, salak Bangkok  dari Kecamatan Paseh, mangga gincu dari Jatigede dan jeruk Cikoneng dari Kecamatan Ganeas. Setelah ke empat jenis buah-buahan itu diajukan untuk diregistrasi ke Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, nantikan akan ditindaklanjuti oleh Depertemen Pertanian Pusat agar memperoleh label.

“Dengan demikian, jika komoditi unggulan ini beredar di pasaran, maka buah-buahan khas Sumedang sudah bisa diakui pasar dan tidak bisa lagi diakui oleh daerah lain. Karena buah-buahan itu sudah dipatenkan” kata H.Karnadi.
Selama ini, empat jenis buah-buahan tersebut sebenarnya sudah diberi SK oleh pemerintah pusat sebagai komoditas unggulan Kabupaten Sumedang. Namun hal itu tidaklah cukup, karena pihaknya juga harus melakukan registrasi produk. Maksudnya, supaya nantinya bisa turun label terhadap produk unggulan tersebut.

Karnadi SP MM menjelaskan, setelah itu secara ekonomi harga jual dan ketenarannya pun dapat berkembang lebih jauh lagi. ”Jadi, kalau produk komoditi unggulan ini sudah teregistrasi dan memiliki label, maka konsumen tak akan segan-segan untuk mengkonsumsinya” tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar